PETUNJUK PENGGUNAAN BLOG

Blog ini dibuat untuk membantu siswa dalam memperoleh materi pembelajaran Standar Kompetensi Menyiapkan Kamar Untuk Tamu (MKUT). Tampilan blog hanya menayangkan satu materi pembelajaran yang diposting. Untuk melihat materi lainnya maka klik masing-masing judul posting yang terdapat pada ARSIP POSTING. Sedangkan untuk melihat judul-judul posting yang tersembunyi maka klik pada tanda panah yang berada disebelah kiri tahun dan nama bulan. Selamat belajar dan semoga kesuksesan itu selalu menyertai kita semua, amin!

Minggu, 05 Januari 2014

TES MKUT PADA SEMESTER II

A. Tes Praktik Semester II
a.  Analisis Praktik
Tes praktik semester II dilaksanakan dengan analisis sebagai berikut :
1. Setiap siswa memfasilitasi atau difasilitasi dengan alat, bahan, perlengkapan dan kamar hotel (edotel) lengkap dengan fasilitasnya sesuai dengan kebutuhan praktik yang akan dilaksanakan di sekolah.
2. Siswa melaksanakan praktik kerja secara perorangan dan guru mengamatinya berdasarkan lembar penilaian praktik yang telah dipersiapkan sebelumnya.
3. Kemampuan guru dalam mengamati kerja siswa tergantung dari strategi yang diciptakan guru terhadap proses praktik dan pengamatan hasil kerja siswa dalam praktik. Berdasarkan pengalaman, guru dapat mengamati dua orang siswa secara bersamaan dalam praktik menyiapkan kamar untuk tamu pada dua kamar hotel yang saling berdekatan.
4. Alokasi waktu untuk setiap siswa dalam melaksanakan praktik maksimal 30 menit dimulai dari entry to the room (knocking the door) hingga diakhiri dengan closing the door. Alokasi waktu ini berdasarkan analisis lamanya dalam menyiapkan kamar standar double room hotel bintang 3 berstatus ceck out 2 person.
5. Dibutuhkan juga waktu untuk guru mengatur teknis pelaksanaan praktik secara simulasi dan pergantian antar siswa.
6. Jika terdapat dua orang guru dalam satu tim maka dapat dilaksanakan tes praktik dengan empat orang siswa sekaligus, tetapi alat, bahan, perlengkapan dan kamar hotel (edotel) saling berdekatan lengkap dengan fasilitasnya dipersiapkan untuk empat orang siswa, sehingga masing-masing guru dapat mengamati dua orang siswa dalam sekali tes praktik.

b.  Penugasan Praktik Kerja
1.  Siapkan penampilan diri anda baik fisik maupun mental sesuai dengan standar yang telah ditentukan!
2. Bersikaplah sesuai dengan aturan dan prosedur yang telah ditentukan!
3.  Siapkan trolley cart, alat tulis, buku/kertas catatan, formulir-formulir, serta kunci kamar sesuai dengan kebutuhan praktik!
4.    Siapkan alat dan bahan pembersih serta pakaian pelindung yang akan digunakan untuk membersihkan kamar tamu sesuai dengan kebutuhan praktik!
5.    Siapkan linen, guest supplies, perlengkapan mini bar yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan!
6.    Tersedia waktu 30 menit untuk anda melaksanakan make up room dimulai dari entry to the room (knocking the door) hingga diakhiri dengan closing the door.
7.    Jangan lupa mengisi formulir room attendant control sheet sesuai dengan pemakaian linen, guest supplies yang anda gunakan di kamar, mencatat adanya kehilangan dan kerusakan fasilitas kamar, dan mengisi formulir lost and found jika anda menemukan barang tamu tertinggal!
8.    Laksanakanlah secara perorangan pekerjaan Menyiapkan Kamar Untuk Tamu pada kamar berstatus check out 2 person dengan benar sesuai prosedur operasional standar yang telah ditentukan!
9.    Simpanlah kembali seluruh perlengkapan setelah selesai digunakan!

c. Lembar Penilaian Praktik
Lembar penilaian praktik adalah lembar observasi kerja siswa. Pada penugasan praktik kerja di sini menggunakan lembar penilaian praktik dengan bobot skor sepenuhnya yakni sebagai berikut:
LEMBAR PENILAIAN PRAKTIK

Program Keahlian     : Pariwisata
Kompetensi Keahlian : Akomodasi Perhotelan
Kompetensi             : Menyiapkan Kamar  untuk Tamu  (Prepare Room for The Guest)
Kode Kompetensi     : 098.KK10 
Alokasi Waktu          : 30 Menit
Bentuk Soal             : Penugasan Perorangan

Nama Siswa      : ………………………………..............…..…                                       
Kelas               : ……………………………………................
No.
Aspek Penilaian
Skor
Maksimal
Skor Penilaian
Ket.
A.
Preparing : your self, trolley cart and equipment (menyiapkan diri, trolley cart and perlengkapan)




1.
Penampilan diri (Grooming)
3

Individu
2.
Penyiapan alat tulis, kunci kamar dan formulir-formulir
2

Kelompok
3.
Penyiapan dan penataan peralatan (cleaning equipment)
2

Kelompok
4.
Penyiapan dan penataan bahan pembersih (cleaning supplies) dan pakaian pelindung
2

Kelompok
5.
Pengisian awal room attendant control sheet
1

Individu
6.
Penyiapan dan penataan linen, guest supplies, dan perlengkapan mini bar
2

Kelompok
7.
Penyiapan dan pemeriksaan trolley cart
2

Kelompok

8.
Penempatan Room Attendant Trolley
1

Kelompok
Jumlah skor
15


B.
Entry to the room and The first checking (memasuki kamar tamu dan pengecekan awal)




1.
Melaksanakan Entry to the room
1

Individu
2.
Melaksanakan The first checking
2

Individu
3.
Mencatat adanya kehilangan atau kerusakan fasilitas kamar maupun hal-hal penting lainnya
2

Individu
Jumlah skor
5


C.
Making up the bed (merapikan/menata tempat tidur)



a.
Prosedur striping bed :




1.
Menarik sheet/lena satu persatu
1

Individu
2.
Mengecek sheet/lena
1

Individu
3.
Mengeluarkan lena kotor
2

Individu
b.
Prosedur making up the bed :




1.
Memilih, mengambil dan menempatkan sheet/lena yang bersih
2

Individu
2.
Teknik menebar sheet atau lena
2

Individu
3.
Urutan sheet atau lena yang dipasang
2

Individu
Jumlah skor
10


D.
Cleaning the bathroom (membersihkan kamar mandi)




1.
Flushing the toilet bowl, bidet/urinoir  and pouring the toilet cleaner  or  chemical in them
1

Individu

2.
Clear up the dirt towels,  bath mat and aminities have used and rubbish
1

Individu

3.
Washing drinking glass and ashtray
2

Individu

4.
Cleaning the washbasin and washbasin area
2

Individu

5.
Cleaning  the  shower, water tap  hot  and cold, wall, bathtub and their area
2

Individu

6.
Cleaning the bath  curtain or cubicle
2

Individu

7.
Drying drinking  glass, ashtray, washbasin and washbasin area
2

Individu

8.
Drying the shower, water tap  hot and cold, wall, bathtub, bath curtain or cubicle
2

Individu

9.
Cleaning and drying the toilet bowl, bidet/ urinoir and their area
2

Individu

10.
Cleaning and drying the bath room door and the bathroom door area
2

Individu

11.
Cleaning and drying the bathroom floor
2

Individu

12.
Clear up carry caddy, cleaning equipment and chemical going to trolley cart
2

Individu

13.
Completing the towels, bath mat and bathroom amenities
2

Individu

14.
Mopping the bathroom floor with mop if needed but after with bedroom floor
1

Individu
Jumlah skor
25


E.
Dusting, completing the room amenities, sweeping/vacuuming, mopping, the final checking and closing the door




1.
Fasilitas kamar tidur/furniture dibersihkan sesuai dengan metode dusting, damp dusting, glass wiping sesuai standar
2

Individu

2.
Metode dusting dilaksanakan sesuai dengan clock wise/unclock wise
1

Individu

3.
Guest supplies kamar tidur tamu dilengkapi sesuai dengan standar yang telah ditentukan
2

Individu

4.
Kebutuhan mini bar kamar tamu dilengkapi sesuai dengan standar yang telah ditentukan
2

Individu

5.
Kegiatan completing the room amenities dilaksanakan sesuai dengan clock wise/unclock wise
1

Individu

6.
Lantai kamar tidur dibersihkan sesuai dengan metode sweeping/vacuuming sesuai standar
2

Individu

7.
Lantai kamar tidur dibersihkan dengan metode mopping setelah dilaksanakannya metode sweeping sesuai standar
2

Individu

8.
Tempat-tempat tersembunyi (hidden place) dilakukan metode sweeping dan mopping serta tidak ada yang tertinggal
1

Individu

9.
Kegiatan the final checking dilaksanakan sebagaimana mestinya sehingga tidak ada pekerjaan/sesuatu yang tertinggal
2

Individu

10.
Kegiatan the final checking dilaksanakan sesuai dengan clock wise/unclock wise
1

Individu

11.
Pintu kamar ditutup secara perlahan-lahan dengan memperhatikan etika kerja dan dalam keadaan terkunci
2

Individu
Jumlah skor
18


F.
Recording, storing and reporting (melakukan pencatatan/pendataan, penggudangan, dan menyampaikan laporan kepada atasan)




1.
Seluruh formulir dan catatan yang dibutuhkan telah diisi dengan lengkap sesuai dengan kondisi kamar
2

Individu

2.
Trolley didorong kedalam gudang/pantry
1

Kelompok

3.
Seluruh isi trolley telah dikeluarkan dan diletakan pada tempat penyimpanan dengan rapi
2

Kelompok

4.
Peralatan dan bahan pembersih telah dibersihkan dan disimpan pada tempatnya dengan rapi
2

Kelompok

5.
Linen humper dan garbage humper telah dikeluarkan isinya sesuai prosedur dan dibersihkan
2

Kelompok

6.
Trolley dibersihkan sebagaimana mestinya dan ditempatkan pada tempatnya dengan rapi
2

Kelompok

7.
Seluruh formulir dan laporan mengenai keadaan kamar, termasuk adanya barang lost and found, kerusakan kamar dan lain-lain disampaikan kepada atasan sesuai prosedur
2

Individu
Jumlah skor
13


G.
Sikap kerja




1.
Penggunaan alat, bahan dan Perlengkapan lainnya
2

Individu

2.
Keselamatan kerja
2

Individu
Jumlah skor
4


H.
Hasil kerja




1.
Ketelitian
2

Individu

2.
Kerapian
2

Individu

3.
Kebersihan
2

Individu

4.
Keserasian
2

Individu
Jumlah skor
8


I.
Waktu Penyelesaian Praktik
2

Individu
Jumlah skor
2


TOTAL SKOR
100




Keterangan :
1.  Waktu 30 menit disediakan untuk siswa melaksanakan make up room dimulai dari entry to the room (knocking the door) hingga diakhiri dengan closing the door. Melebihi 10 menit dari waktu yang ditentukan maka siswa yang bersangkutan dinyatakan mengulang kembali.
2.  Siswa/peserta dinyatakan lulus apabila :
a.  Nilai Grooming harus mencapai skor minimal 2.
b.  Nilai setiap sub kompetensi/sub penilaian A, B, C, D, E, F, G, H harus mencapai jumlah skor kriteria ketercapaian minimal 70%.
c.   Nilai total skor minimal harus mencapai nilai 75.
   
Pangkalpinang, ……..…...………….....

Guru Mapel MKUT,



................................................

B. Tes Sub Sumatif Teori (Ulangan Tengah Semester II)
Tes sub sumatif teori (ulangan tengah semester II) dilaksanakan menggunakan soal essay dengan alokasi waktu 90 menit.
a.  Soal Essay
1. Tuliskankan contoh alat-alat sanitasi yang ada di kamar mandi tamu hotel!
2. Tuliskan sebanyak 8 macam amenities yang dilengkapi di kamar mandi tamu hotel!
3. Tuliskan pekerjaan yang dilakukan ketika proses cleaning and drying the toilet bowl, bidet/urinoir and their area!
4.  Tuliskan alasannya mengapa metode dusting menjadi skala prioritas dalam membersihkan furniture/fasilitas kamar tamu!
5. Tuliskankan sebanyak 8 jenis furniture atau fasilitas kamar tamu hotel!
6.  Tuliskankan sebanyak 8 macam room amenities kamar tidur tamu yang boleh digunakan tamu di hotel dan di luar hotel!
7.  Tuliskan alasannya mengapa lantai yang dilapisi carpet/permadani tidak baik dibersihkan dengan menggunakan metode sweeping dan mopping?
8. Uraikan kegiatan yang dilaksanakan pada the final checking!
9. Tuliskan pengertian sampah organik dan non organik serta berikan contohnya masing-masing!
10. Anggap saja anda menemukan satu buah arloji merk Rolex di kamar yang telah anda bersihkan yakni kamar 106 pada hari ini pukul 10.00 am. Tulislah barang tersebut pada formulir lost and found tag atas nama tamu yang diketahui sebelumnya adalah Mr. Irwansyah, SE.!

b. Kunci Jawaban
1. Contoh Alat-alat sanitasi yang ada di kamar mandi tamu hotel adalah :
a. Washbasin/wastafel (tempat mencuci tangan)
b. Bathtub dan Shower (bak mandi dan pancuran air)
c. Toilet Bowl (jamban)
d. Bidet (jamban bagi wanita buang air kecil)
e. Urinoir (jamban bagi pria buang air kecil)
2. Delapan macam amenities yang dilengkapi di kamar mandi tamu hotel adalah :
a. Bath soap
b. Bath foam
c. Shampoo
d. Tooth kit
e. Shaving kit
f.  Sewing kit
g. Comb
h. Cotton bud
(Boleh yang lainnya asalkan amenities yang dilengkapi di kamar mandi tamu hotel)
3. Pekerjaan yang dilakukan ketika proses cleaning and drying the toilet bowl, bidet/urinoir and their area adalah :
a. Membersihkan bagian dalam jamban atau toilet bowl dan menyikatnya dengan sikat khusus (toilet bowl stick brush) secara merata, lalu menyemburkan atau memflushing dengan air yang ada pada water tank sampai buih toilet cleanernya hilang.
b. Mengibaskan toilet stick brush sampai air yang ada pada sikat tersebut tidak lagi menetes.
c. Membersihkan tangki air (water tank), pipa, tempat duduk dan bagian bawah toilet bowl dan dinding sekitarnya dengan sepon basah yang berisi sabun cair (liquid soap), kemudian membilasnya dengan air bersih yang diambil dari flusher atau kran atau juga dapat menggunakan air yang ditampung di dalam ember.
d. Membersihkan bidet/urinoir jika tersedia di dalam kamar mandi seperti membersihkan toilet bowl, dan membersihkan seluruh dinding disekitar alat-alat sanitasi tersebut dengan menggunakan sepon dan sabun cair, selanjutnya dibilas dengan air bersih.
e. Setelah seluruh alat-alat sanitasi tersebut telah dibersihkan selanjutnya mengeringkannya dengan menggunakan cotton cloth/oo towel atau chamois/kanebo dimulai dari toilet bowl, bidet/urinoir dan dinding-dinding sekitarnya.
4. Alasannya mengapa metode dusting menjadi skala prioritas dalam membersihkan furniture/fasilitas kamar tamu hotel adalah:
Karena metode dusting lebih banyak dilakukan dari pada metode yang lain terhadap furniture maupun fasilitas kamar lainnya.
5. Delapan jenis furniture atau fasilitas kamar tamu hotel adalah :
a. Luggage Rack : Rak barang
b. Wardrobe : Lemari pakaian
c. Dressing/writing lamp : Lampu untuk penerangan ketika menulis & berias
d. Dressing Mirror : Cermin rias
e. Dressing/Writing Table : Meja tulis/meja rias
f.  Dressing/Writing Chair : Kursi tulis/kursi rias
g. TV Table/TV Rack  : Meja/Rak TV
h. Refrigerator : Kulkas untuk menyimpan soft drink yang dijadikan sebagai mini bar.
(Boleh yang lainnya asalkan furniture atau fasilitas kamar tamu hotel)
6. Delapan macam room amenities kamar tidur tamu yang boleh digunakan tamu di hotel dan di luar hotel adalah :
a. Slipper/Sandal (jenis sandal biasa)
b. Memo pad
c. Stationary folder
d. Laundry bag
e. Shoe shine
f. Matches
g. Facial tissue
h. Mineral water.
7. Alasannya mengapa lantai yang dilapisi carpet/permadani tidak baik dibersihkan dengan menggunakan metode sweeping dan mopping yakni :
Karena akan menyebabkan serat-serat dan bulu pada lantai carpet/permadani menjadi rusak. Untuk mengatasinya maka diganti dengan metode vacuuming dan shampooing.
8. Kegiatan Yang dilaksanakan pada the final checking yakni :
a. Mengecek apakah seluruh furniture/fasilitas kamar telah didusting secara menyeluruh.
b. Mengecek apakah jendela telah ditutup sesuai standar.
c. Mengecek apakah tirai (glass curtain/night curtain) telah ditutup atau dibuka sesuai standar hotel yang telah ditentukan.
d. Mengecek apakah  seluruh amenities telah dilengkapi sesuai standar hotel
e. Mengecek apakah lampu kamar mandi dan seluruh lampu kamar tidur, AC, TV telah dimatikan sebagaimana mestinya.
f. Mengecek apakah cleaning equipment, chemical/cleaning supplies, amenities yang tersisa masih ada yang tertinggal di dalam kamar tamu.
g. Meyakini bahwa kamar tamu yang telah kita bersihkan betul-betul telah siap untuk ditempati tamu kembali sesuai standar hotel.
h. Jika kamar tidak disediakan air freshener yang biasanya digantung didekat AC maka kamar perlu disemperot dengan air freshener kaleng.
9. Pengertian sampah organik dan non organik serta contohnya masing-masing yakni:
Sampah organik adalah jenis sampah yang dapat dengan mudah diurai oleh bakteri/organisme, contoh : sampah sisa makanan, kulit buah dan lain-lain. Sedangkan sampah non organik adalah jenis sampah yang sulit untuk diurai oleh bakteri/organisme, contoh pecahan piring, gelas, plastik dan lain-lain.
10. Jam rolex atas nama Mr. Irwansyah, SE. tersebut ditulis pada formulir lost and found tag sebagai berikut :

A. Tes Sumatif Teori (Ulangan Akhir Semester II)
Tes sumatif teori (ulangan akhir semester II) dilaksanakan menggunakan 30 soal pilihan ganda dengan 5 option dan 5 soal essay, alokasi waktu yang disediakan 60 menit. Hal ini disesuaikan dengan ketentuan panitia ulangan akhir semester sekolah.
a. Soal pilihan ganda
1. Yang menjadi tolok ukur dari kebersihan kamar atau pun kebersihan hotel pada pandangan tamu adalah ......
a. Melihat bagaimana kebersihan dan kelengkapan dari bathroom hotel tersebut.
b. Melihat bagaimana kebersihan dan kelengkapan dari bedroom hotel tersebut.
c. Melihat bagaimana kebersihan dari seorang room attendant di hotel tersebut.
d. Melihat bagaimana kebersihan dari seorang receptionist di hotel tersebut.
e. Melihat bagaimana kebersihan dan kelengkapan dari living/sitting room hotel tersebut.
2. Yang bukan termasuk alat sanitasi yang ada di kamar mandi hotel adalah .......
a. Washbasin/wastafel
b. Towel rack
c. Toilet Bowl
d. Bidet
e. Urinoir
3. Fasilitas yang dilengkapi di kamar mandi tamu hotel antara lain sebagai berikut, kecuali ....
a. Shower
b. Mirror
c. Luggage rack
d. Cubicle
e. Bath curtain
4. Penampung untuk menampung dan membawa peralatan dan bahan pembersih khususnya untuk kamar mandi adalah .......
a. Container bin
b. Rubbish box
c. Room attendant trolley cart
d. Carry caddy
e. Double bucket
5. Lap khusus untuk mengeringkan washbasin, water tap and shower, cubicle, bagian atas dan luar toilet bowl, pintu kamar mandi, dinding kamar mandi adalah .......
a. Dust cloth
b. Soft cloth
c. Napkin
d. Floor cloth
e. Chamois/chamoa/kanebo
6. Sunlight, Mama lemon, meltosa dan lain-lain yang digunakan untuk membersikan gelas, asbak, cubicle, wash basin, bagian atas dan luar  toilet bowl, dinding kamar mandi, pintu kamar mandi adalah ........
a. Liquid soap
b. Glass cleaner
c. Toilet cleaner
d. Abrasive
e. Floor cleaner
7. Di bawah ini adalah bathroom amenities, kecuali ........
a. Bath soap
b. Stationary folder
c. Shampoo
d. Tooth kit
e. Shaving kit
8. Jenis-jenis towels adalah sebagai berikut, kecuali ........
a. Bath towel
b. Hand towel
c. Blanket
d. Face towel
e. Bath mat
9. Perlengkapan kamar yang tergolong kedalam kelompok linen adalah ………..
a. Bath soap
b. Blanket
c. Mineral water
d. Astray
e. Mattress
10. Dalam menyiapkan kamar tamu dibutuhkan adanya cleaning supplies. Manakah yang termasuk kedalam cleaning supplies?
a. Bath soap
b. Shampoo
c. Conditioner
d. Floor cleaner
e. Bath foam
11. Nyalakan TV kemudian lakukan pengecekan apakah berfungsi dengan baik atau tidak, serta cek chanel-chanel yang ada pada televisi apakah siarannya sesuai dengan daftar TV Program yang telah ditetapkan hotel. Hal ini adalah pekerjaan yang dilakukan pada saat ……
a. Entry to the room
b. The first checking
c. Making up the bed
d. Completing the room amenities
e. The final checking
12. Sleep Out (SO), Don’t Disturb (DD), Double Lock (DL), Extra Bed (EB) adalah bagian dari kamar yang berstatus …………
a. Check Out
b. Vacant
c. Occupied
d. Out of Order
e. Check In
13. Contoh perlengkapan mini bar adalah sebagai berikut kecuali ..................
a. Sunkist
b. Sprite
c. Silver Queen
d. Tomato Ketchup
e. Krating deng
14. Rak bagian paling atas pada Roomboy/maid trolley cart digunakan untuk menata ............
a. Bath towels
b. Bath mats
c. Hand towels
d. Pillow cases
e. Guest Supplies/amenities
15. Yang bukan termasuk komponen tempat tidur adalah ………
a. Bed protector
b. Head board
c. Mattress
d. Spring box
e. Bed wheel/leg

Seorang room attendant akan menyiapkan 10 kamar tamu berstatus check out dengan masing-masing kamar diisi oleh 2 orang tamu. Kamar-kamar check out tersebut terdiri dari 3 kamar double dan sisanya adalah kamar twin. Bacaan tersebut digunakan untuk menjawab soal nomor 16 sampai dengan 18.

16. Single sheet yang harus disiapkan oleh seorang room attendant adalah …………
a. 9 helai             d. 20 helai
b. 42 helai           e. 30 helai
c. 10 helai
17. Bath mat yang harus disiapkan oleh seorang room attendant adalah …………
a. 9 helai             d. 20 helai
b. 42 helai           e. 30 helai
c. 10 helai
18. Pillow case yang harus disiapkan oleh seorang room attendant adalah …………  
a. 9 helai             d. 18 helai
b. 10 helai           e. 20 helai
c. 14 helai
19. Formulir yang digunakan room boy/maid untuk mencatat pergantian linen, guest supplies dan kelengkapan mini bar pada masing-masing kamar saat menyiapkan kamar tamu adalah ……….
a. Lost and found
b. Room boy/maid control sheet
c. Lost and damage
d. Maintenance report
e. Housekeeping report
20. Bahan pembersih yang digunakan untuk membersihkan jamban pada kamar mandi adalah ……
a. Floor cleaner
b. Liquid soap
c. Toilet cleaner
d. Glass cleaner 
e. Detergen
21. Fasilitas kamar yang terdapat pada kamar tidur tamu adalah sebagai berikut, kecuali ........
a. Wardrobe
b. Dressing table
c. Bed side table
d. Refrigerator
e. Cubicle
22. Clock wise or unclock wise adalah metode yang tepat untuk melaksanakan pekerjaan …………
a. Sweeping/mopping
b. Entry to the room
c. Recording
d. Storing
e. Completing the room amenities
23. Fasilitas kamar yang digunakan tamu untuk meletakan barang bawaannya adalah …………
a. Luggage rack
b. Wardrobe
c. Dressing table
d. Night table
e. Bed
24. Perlengkapan kamar yang ukurannya lebih kecil disediakan untuk keperluan tamu selama berada di hotel disebut ……...…
      a. Facilities
      b. Amenities
      c. Mini bar
      d. Linen
      e. Accessibilities
25. Status kamar yang tepat untuk kamar hotel yang ditempati oleh owner adalah …………
a. Occupied
b. Sleep Out
c. House Use
d. Don’t Disturb
e. Out of Order
26. Tamu yang telah meninggalkan hotel secara diam-diam tanpa menyelesaikan seluruh pembayarannya selama menginap di hotel disebut …………..
a. Sleep Out
b. Get Out
c. Check Out
d. Sleeper
e. Skiper
27. Pekerjaan akhir yang harus diperhatikan oleh room boy/maid sebelum menutup pintu kamar dalam langkah-langkah menyiapkan kamar tamu adalah ……………..
a. Dusting
b. Completing room amenities
c. Sweeping
d. Mopping
e. The final checking
28. Mengisi formulir roomboy/maid control sheet dan lost and found dilakukan pada saat ……….. dalam langkah-langkah menyiapkan kamar untuk tamu.
a. Reporting
b. Storing
c. Closing the door
d. Recording/According
e. Dusting
29. Hotel-hotel besar sekarang telah banyak mengubah metode making up the bed 3 sheet seperti yang biasa dilakukan dengan duvet, hal ini dilakukan untuk alasan efisiensi. Dalam metode making up the bed dengan duvet tidak ditemukan adanya blanket, maka sebagai penggantinya adalah …
     a. Bed cover
     b. Duvet cover/case
     c. Bed protector
     d. Bed skirting
     e. Duvet inner
30. Mengeluarkan linen kotor yang ada di dalam linen humper kemudian dihitung satu persatu lalu dikelompokan pada masing-masing jenis linen. Pekerjaan ini dilakukan pada saat ………… dalam langkah-langkah menyiapkan kamar untuk tamu.
     a. Storing
     b. Recording
     c. Reporting
     d. Making up the bed
     e. Closing the door

b.  Soal Essay
1. Tuliskan tiga hal yang harus diperhatikan terhadap sheet/sprai ketika sedang melakukan stripping the bed!
2. Tuliskan dua alasan mengapa blanket diletakkan di antara sheet ke 2 dan sheet ke 3 pada saat melakukan making up the bed!
3. Apakah yang dimaksud dengan guest room give aways dan guest room supplies?
4. Tuliskan 4 jenis kamar hotel menurut tingkat fasilitasnya!
5. Tuliskan tujuan perlunya dilakukan the final checking dalam proses make up room (merapikan kamar)!

c.   Kunci Jawaban Soal Pilihan Ganda
Nomor Soal
Jawaban
Nomor Soal
Jawaban
Nomor Soal
Jawaban
1
A
11
B
21
E
2
B
12
C
22
E
3
C
13
D
23
A
4
D
14
E
24
B
5
E
15
A
25
C
6
A
16
B
26
E
7
B
17
C
27
E
8
C
18
E
28
D
9
B
19
B
29
E
10
D
20
C
30
A

d.  Kunci Jawaban Soal Essay
1. Tiga hal yang harus diperhatikan terhadap sheet/sprai ketika sedang melakukan stripping the bed yakni :
a. Apakah ada barang tamu seperti giwang, kalung, gelang, hand pone dan lain-lain yang tertinggal di tempat tidur.
b. Apakah ada sheet atau linen yang rusak atau sobek, bila ada harus dipisahkan dari linen yang lain.
c. Apakah ada noda berat seperti darah, tinta, getah, saos yang akan dipisahkan dengan linen yang lain.
2. Dua alasan mengapa blanket diletakkan di antara sheet ke 2 dan sheet ke 3 pada saat melakukan making up the bed yakni :
a. Agar tamu yang mudah alergi dengan buluh-buluh blanket tidak menyentuh blanket secara langsung.
b. Untuk menjaga blanket agar tidak mudah terkena debu dan keringat tamu sehingga tidak mudah kotor.
3. Yang dimaksud dengan guest room give aways dan guest room supplies yakni :
a. Guest room give aways adalah guest supplies/amenities yang boleh digunakan tamu baik di hotel maupun di luar hotel/dibawah pulang.
b. Guest room supplies adalah guest supplies/amenities yang tidak boleh digunakan tamu di luar hotel/tidak boleh dibawah pulang.
4. Empat jenis kamar hotel menurut tingkat fasilitasnya adalah sebagai berikut :
a. Standard Room
b. Superior Room
c. Deluxe Room
d. Suite Room
5. Tujuan perlunya dilakukan the final checking dalam proses make up room (merapikan kamar) adalah :
Untuk memastikan apakah masih ada pekerjaan sebelumnya belum dilaksanakan secara maksimal atau mungkin peralatan dan bahan pembersih masih tertinggal di dalam kamar tamu tersebut.

1 komentar: