A. Tes Praktik Semester II
a. Analisis
Praktik
Tes praktik semester II dilaksanakan dengan analisis sebagai berikut :
1. Setiap
siswa memfasilitasi atau difasilitasi dengan alat, bahan, perlengkapan dan
kamar hotel (edotel) lengkap dengan fasilitasnya sesuai dengan kebutuhan
praktik yang akan dilaksanakan di sekolah.
2. Siswa melaksanakan praktik kerja secara
perorangan dan guru mengamatinya berdasarkan lembar penilaian praktik yang
telah dipersiapkan sebelumnya.
3. Kemampuan
guru dalam mengamati kerja siswa tergantung dari strategi yang diciptakan guru
terhadap proses praktik dan pengamatan hasil kerja siswa dalam praktik.
Berdasarkan pengalaman, guru dapat mengamati dua orang siswa secara bersamaan dalam
praktik menyiapkan kamar untuk tamu pada dua kamar hotel yang saling
berdekatan.
4. Alokasi
waktu untuk setiap siswa dalam melaksanakan praktik maksimal 30 menit dimulai
dari entry to the room (knocking the door) hingga diakhiri dengan closing the
door. Alokasi waktu ini berdasarkan analisis lamanya dalam menyiapkan kamar standar
double room hotel bintang 3 berstatus ceck out 2 person.
5. Dibutuhkan
juga waktu untuk guru mengatur teknis pelaksanaan praktik secara simulasi dan
pergantian antar siswa.
6. Jika
terdapat dua orang guru dalam satu tim maka dapat dilaksanakan tes praktik
dengan empat orang siswa sekaligus, tetapi alat, bahan, perlengkapan dan kamar
hotel (edotel) saling berdekatan lengkap dengan fasilitasnya dipersiapkan untuk
empat orang siswa, sehingga masing-masing guru dapat mengamati dua orang siswa
dalam sekali tes praktik.
b. Penugasan
Praktik Kerja
1. Siapkan penampilan diri anda baik fisik maupun mental sesuai dengan standar yang
telah ditentukan!
2. Bersikaplah sesuai dengan aturan dan prosedur yang telah ditentukan!
3. Siapkan trolley cart, alat tulis,
buku/kertas catatan, formulir-formulir, serta kunci kamar sesuai dengan kebutuhan praktik!
4.
Siapkan alat dan bahan pembersih serta pakaian
pelindung yang akan digunakan untuk membersihkan kamar tamu sesuai dengan kebutuhan praktik!
5.
Siapkan linen, guest supplies, perlengkapan mini bar
yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan!
6.
Tersedia
waktu 30 menit untuk anda melaksanakan make up room dimulai
dari entry to the room (knocking the door) hingga diakhiri dengan closing the
door.
7.
Jangan
lupa mengisi formulir room attendant control sheet sesuai dengan pemakaian
linen, guest supplies yang anda gunakan di kamar, mencatat adanya kehilangan
dan kerusakan fasilitas kamar, dan mengisi formulir lost and found jika anda
menemukan barang tamu tertinggal!
8.
Laksanakanlah secara perorangan pekerjaan Menyiapkan Kamar Untuk
Tamu pada
kamar berstatus check out 2 person dengan benar sesuai prosedur operasional standar yang telah ditentukan!
9.
Simpanlah kembali seluruh perlengkapan setelah
selesai digunakan!
c. Lembar
Penilaian Praktik
Lembar
penilaian praktik
adalah lembar observasi kerja siswa. Pada penugasan praktik kerja di sini menggunakan lembar penilaian praktik dengan bobot skor
sepenuhnya yakni sebagai berikut:
LEMBAR PENILAIAN
PRAKTIK
Program Keahlian : Pariwisata
Kompetensi Keahlian : Akomodasi Perhotelan
Kompetensi : Menyiapkan
Kamar untuk Tamu (Prepare Room for The Guest)
Kode Kompetensi : 098.KK10
Alokasi Waktu : 30
Menit
Bentuk Soal : Penugasan
Perorangan
Nama Siswa :
………………………………..............…..…
Kelas :
……………………………………................
No.
|
Aspek Penilaian
|
Skor
Maksimal
|
Skor Penilaian
|
Ket.
|
|
A.
|
Preparing : your self, trolley cart and equipment (menyiapkan diri, trolley
cart and perlengkapan)
|
||||
1.
|
Penampilan diri (Grooming)
|
3
|
Individu
|
||
2.
|
Penyiapan alat tulis, kunci
kamar dan formulir-formulir
|
2
|
Kelompok
|
||
3.
|
Penyiapan dan penataan peralatan
(cleaning equipment)
|
2
|
Kelompok
|
||
4.
|
Penyiapan dan penataan bahan pembersih
(cleaning supplies) dan pakaian pelindung
|
2
|
Kelompok
|
||
5.
|
Pengisian awal room attendant control sheet
|
1
|
Individu
|
||
6.
|
Penyiapan dan penataan linen, guest
supplies, dan perlengkapan mini bar
|
2
|
Kelompok
|
||
7.
|
Penyiapan dan pemeriksaan trolley cart
|
2
|
Kelompok
|
||
8.
|
Penempatan Room Attendant Trolley
|
1
|
Kelompok
|
||
Jumlah skor
|
15
|
||||
B.
|
Entry to the room and The first
checking (memasuki kamar tamu dan pengecekan
awal)
|
||||
1.
|
Melaksanakan Entry to the room
|
1
|
Individu
|
||
2.
|
Melaksanakan The first
checking
|
2
|
Individu
|
||
3.
|
Mencatat adanya kehilangan atau
kerusakan fasilitas kamar maupun hal-hal penting lainnya
|
2
|
Individu
|
||
Jumlah skor
|
5
|
||||
C.
|
Making up the bed (merapikan/menata tempat tidur)
|
||||
a.
|
Prosedur striping bed :
|
||||
1.
|
Menarik sheet/lena satu persatu
|
1
|
Individu
|
||
2.
|
Mengecek sheet/lena
|
1
|
Individu
|
||
3.
|
Mengeluarkan lena kotor
|
2
|
Individu
|
||
b.
|
Prosedur making up the bed :
|
||||
1.
|
Memilih, mengambil dan menempatkan sheet/lena yang
bersih
|
2
|
Individu
|
||
2.
|
Teknik menebar sheet atau lena
|
2
|
Individu
|
||
3.
|
Urutan sheet atau lena yang
dipasang
|
2
|
Individu
|
||
Jumlah skor
|
10
|
||||
D.
|
Cleaning the bathroom (membersihkan kamar mandi)
|
||||
1.
|
Flushing
the toilet bowl, bidet/urinoir and
pouring the toilet cleaner or chemical in them
|
1
|
Individu
|
||
2.
|
Clear
up the dirt towels, bath mat and aminities have used and rubbish
|
1
|
Individu
|
||
3.
|
Washing
drinking glass and ashtray
|
2
|
Individu
|
||
4.
|
Cleaning
the washbasin and washbasin
area
|
2
|
Individu
|
||
5.
|
Cleaning the
shower, water tap hot and
cold, wall, bathtub and their
area
|
2
|
Individu
|
||
6.
|
Cleaning
the bath curtain or cubicle
|
2
|
Individu
|
||
7.
|
Drying
drinking glass, ashtray, washbasin and washbasin area
|
2
|
Individu
|
||
8.
|
Drying
the shower, water tap hot and cold, wall, bathtub, bath curtain
or cubicle
|
2
|
Individu
|
||
9.
|
Cleaning
and drying the toilet bowl, bidet/ urinoir and their area
|
2
|
Individu
|
||
10.
|
Cleaning
and drying the bath room door and the bathroom door area
|
2
|
Individu
|
||
11.
|
Cleaning
and drying the bathroom floor
|
2
|
Individu
|
||
12.
|
Clear
up carry caddy, cleaning equipment and chemical going to trolley cart
|
2
|
Individu
|
||
13.
|
Completing
the towels, bath mat and
bathroom amenities
|
2
|
Individu
|
||
14.
|
Mopping
the bathroom floor with mop if needed but after
with bedroom floor
|
1
|
Individu
|
||
Jumlah skor
|
25
|
||||
E.
|
Dusting, completing the room amenities,
sweeping/vacuuming, mopping, the final checking and closing the
door
|
||||
1.
|
Fasilitas kamar tidur/furniture dibersihkan sesuai
dengan metode dusting, damp dusting, glass wiping sesuai standar
|
2
|
Individu
|
||
2.
|
Metode dusting dilaksanakan sesuai dengan clock
wise/unclock wise
|
1
|
Individu
|
||
3.
|
Guest supplies kamar tidur tamu dilengkapi sesuai
dengan standar yang telah
ditentukan
|
2
|
Individu
|
||
4.
|
Kebutuhan mini bar kamar tamu dilengkapi sesuai
dengan standar yang telah ditentukan
|
2
|
Individu
|
||
5.
|
Kegiatan
completing the room amenities dilaksanakan
sesuai dengan clock wise/unclock wise
|
1
|
Individu
|
||
6.
|
Lantai
kamar tidur dibersihkan sesuai dengan metode sweeping/vacuuming sesuai
standar
|
2
|
Individu
|
||
7.
|
Lantai
kamar tidur dibersihkan dengan metode mopping setelah dilaksanakannya metode
sweeping sesuai standar
|
2
|
Individu
|
||
8.
|
Tempat-tempat
tersembunyi (hidden place) dilakukan metode sweeping dan mopping serta tidak ada yang tertinggal
|
1
|
Individu
|
||
9.
|
Kegiatan the final checking dilaksanakan
sebagaimana mestinya sehingga tidak ada pekerjaan/sesuatu
yang tertinggal
|
2
|
Individu
|
||
10.
|
Kegiatan
the final checking dilaksanakan sesuai dengan clock wise/unclock wise
|
1
|
Individu
|
||
11.
|
Pintu
kamar ditutup
secara perlahan-lahan dengan memperhatikan etika kerja dan dalam keadaan terkunci
|
2
|
Individu
|
||
Jumlah skor
|
18
|
||||
F.
|
Recording, storing and reporting
(melakukan pencatatan/pendataan, penggudangan, dan menyampaikan laporan
kepada atasan)
|
||||
1.
|
Seluruh formulir dan catatan
yang dibutuhkan telah diisi dengan lengkap sesuai dengan kondisi kamar
|
2
|
Individu
|
||
2.
|
Trolley didorong kedalam
gudang/pantry
|
1
|
Kelompok
|
||
3.
|
Seluruh isi trolley telah
dikeluarkan dan diletakan pada tempat penyimpanan dengan rapi
|
2
|
Kelompok
|
||
4.
|
Peralatan dan bahan pembersih telah
dibersihkan dan disimpan pada tempatnya dengan rapi
|
2
|
Kelompok
|
||
5.
|
Linen humper dan garbage
humper telah dikeluarkan isinya sesuai prosedur dan dibersihkan
|
2
|
Kelompok
|
||
6.
|
Trolley dibersihkan
sebagaimana mestinya dan ditempatkan pada tempatnya dengan rapi
|
2
|
Kelompok
|
||
7.
|
Seluruh formulir dan laporan
mengenai keadaan kamar, termasuk adanya barang lost and found, kerusakan kamar dan lain-lain disampaikan kepada atasan sesuai prosedur
|
2
|
Individu
|
||
Jumlah skor
|
13
|
||||
G.
|
Sikap kerja
|
||||
1.
|
Penggunaan alat, bahan dan Perlengkapan lainnya
|
2
|
Individu
|
||
2.
|
Keselamatan kerja
|
2
|
Individu
|
||
Jumlah skor
|
4
|
||||
H.
|
Hasil kerja
|
||||
1.
|
Ketelitian
|
2
|
Individu
|
||
2.
|
Kerapian
|
2
|
Individu
|
||
3.
|
Kebersihan
|
2
|
Individu
|
||
4.
|
Keserasian
|
2
|
Individu
|
||
Jumlah skor
|
8
|
||||
I.
|
Waktu Penyelesaian Praktik
|
2
|
Individu
|
||
Jumlah skor
|
2
|
||||
TOTAL SKOR
|
100
|
Keterangan
:
1. Waktu 30 menit disediakan untuk
siswa melaksanakan make up
room dimulai dari entry to the room (knocking the
door) hingga diakhiri dengan closing the door. Melebihi 10 menit dari waktu yang ditentukan maka siswa yang bersangkutan
dinyatakan mengulang kembali.
2. Siswa/peserta dinyatakan lulus apabila :
a. Nilai Grooming harus mencapai skor minimal 2.
b. Nilai setiap sub kompetensi/sub penilaian A, B, C,
D, E, F, G, H harus mencapai jumlah skor kriteria ketercapaian minimal 70%.
c.
Nilai
total skor minimal harus mencapai nilai 75.
Pangkalpinang, ……..…...………….....
Guru
Mapel MKUT,
................................................
B. Tes Sub Sumatif Teori (Ulangan Tengah Semester
II)
Tes sub sumatif teori (ulangan tengah
semester II) dilaksanakan menggunakan soal essay dengan alokasi waktu 90 menit.
a. Soal
Essay
1. Tuliskankan contoh alat-alat sanitasi yang ada di kamar mandi tamu hotel!
2. Tuliskan sebanyak 8 macam amenities yang dilengkapi di
kamar mandi tamu hotel!
3. Tuliskan pekerjaan yang
dilakukan ketika proses cleaning and drying the
toilet bowl, bidet/urinoir and their area!
4. Tuliskan alasannya mengapa metode dusting menjadi skala prioritas dalam membersihkan
furniture/fasilitas kamar tamu!
5. Tuliskankan sebanyak 8 jenis
furniture atau fasilitas kamar tamu hotel!
6. Tuliskankan sebanyak 8 macam room amenities kamar tidur tamu yang boleh digunakan tamu di hotel dan di luar hotel!
7. Tuliskan alasannya mengapa lantai yang dilapisi carpet/permadani tidak baik dibersihkan dengan menggunakan metode sweeping dan mopping?
8. Uraikan kegiatan yang dilaksanakan pada the final checking!
9. Tuliskan
pengertian sampah organik dan non organik serta berikan contohnya
masing-masing!
10. Anggap
saja anda menemukan satu buah arloji merk Rolex di kamar yang telah anda
bersihkan yakni kamar 106 pada hari ini pukul 10.00 am. Tulislah barang
tersebut pada formulir lost and found tag atas nama tamu yang diketahui
sebelumnya adalah Mr. Irwansyah, SE.!
b. Kunci
Jawaban
1. Contoh Alat-alat sanitasi yang ada di
kamar mandi tamu hotel adalah :
a. Washbasin/wastafel (tempat mencuci tangan)
b. Bathtub dan Shower (bak mandi dan pancuran air)
c. Toilet Bowl (jamban)
d. Bidet (jamban bagi wanita buang air kecil)
e. Urinoir (jamban bagi pria buang air kecil)
2. Delapan macam amenities yang dilengkapi di kamar mandi tamu hotel adalah :
a. Bath soap
b. Bath foam
c. Shampoo
d. Tooth kit
e. Shaving kit
f. Sewing kit
g. Comb
h. Cotton bud
(Boleh
yang lainnya asalkan amenities yang dilengkapi di kamar mandi tamu hotel)
3. Pekerjaan yang dilakukan ketika proses cleaning
and drying the toilet bowl, bidet/urinoir and their area adalah :
a. Membersihkan bagian dalam jamban atau toilet bowl
dan menyikatnya dengan sikat
khusus (toilet bowl stick brush) secara merata, lalu menyemburkan atau memflushing dengan air yang ada pada water tank sampai
buih toilet cleanernya hilang.
b. Mengibaskan toilet stick brush sampai air yang ada pada
sikat tersebut tidak lagi menetes.
c. Membersihkan tangki air (water tank), pipa, tempat duduk dan bagian
bawah toilet bowl dan dinding sekitarnya dengan sepon basah yang berisi sabun cair (liquid soap), kemudian membilasnya dengan air bersih yang diambil dari flusher atau kran
atau juga dapat menggunakan air yang ditampung di dalam ember.
d. Membersihkan bidet/urinoir jika tersedia di dalam kamar mandi seperti
membersihkan toilet bowl, dan membersihkan seluruh dinding disekitar alat-alat sanitasi
tersebut dengan menggunakan sepon dan sabun cair, selanjutnya dibilas dengan air bersih.
e. Setelah
seluruh alat-alat sanitasi tersebut telah dibersihkan selanjutnya mengeringkannya dengan menggunakan cotton cloth/oo
towel atau chamois/kanebo dimulai dari toilet bowl, bidet/urinoir dan dinding-dinding sekitarnya.
4. Alasannya mengapa metode dusting menjadi skala prioritas dalam membersihkan
furniture/fasilitas kamar tamu hotel adalah:
Karena
metode dusting lebih banyak dilakukan dari pada metode yang lain terhadap
furniture maupun fasilitas kamar lainnya.
5. Delapan jenis
furniture atau fasilitas kamar tamu hotel adalah :
a. Luggage Rack : Rak barang
b. Wardrobe : Lemari pakaian
c. Dressing/writing
lamp : Lampu
untuk penerangan ketika menulis & berias
d. Dressing Mirror : Cermin rias
e. Dressing/Writing Table : Meja tulis/meja
rias
f. Dressing/Writing Chair : Kursi tulis/kursi
rias
g. TV Table/TV Rack : Meja/Rak TV
h. Refrigerator
: Kulkas untuk menyimpan soft drink yang dijadikan sebagai mini bar.
(Boleh
yang lainnya asalkan furniture atau fasilitas kamar tamu hotel)
6. Delapan macam
room amenities kamar tidur tamu yang boleh digunakan tamu di hotel dan di luar hotel
adalah :
a. Slipper/Sandal (jenis sandal biasa)
b. Memo pad
c. Stationary folder
d. Laundry bag
e. Shoe shine
f. Matches
g. Facial
tissue
h. Mineral
water.
7. Alasannya mengapa lantai yang dilapisi carpet/permadani
tidak baik dibersihkan dengan menggunakan
metode sweeping dan mopping yakni :
Karena
akan menyebabkan serat-serat dan bulu pada lantai carpet/permadani menjadi
rusak. Untuk mengatasinya maka diganti dengan metode vacuuming dan shampooing.
8. Kegiatan Yang
dilaksanakan pada the final checking
yakni :
a. Mengecek apakah seluruh furniture/fasilitas kamar telah
didusting secara menyeluruh.
b. Mengecek apakah jendela telah ditutup sesuai standar.
c. Mengecek apakah tirai (glass curtain/night curtain) telah
ditutup atau dibuka sesuai standar hotel yang telah ditentukan.
d. Mengecek apakah
seluruh amenities telah dilengkapi sesuai standar hotel
e. Mengecek apakah lampu kamar mandi dan seluruh lampu kamar
tidur, AC, TV telah dimatikan sebagaimana mestinya.
f. Mengecek apakah cleaning equipment, chemical/cleaning
supplies, amenities yang tersisa masih ada yang tertinggal di dalam kamar tamu.
g. Meyakini bahwa kamar tamu yang telah kita bersihkan betul-betul telah
siap untuk ditempati tamu kembali sesuai standar hotel.
h. Jika
kamar tidak disediakan air freshener yang biasanya digantung didekat AC maka
kamar perlu disemperot dengan air freshener kaleng.
9. Pengertian sampah organik dan non organik serta
contohnya masing-masing yakni:
Sampah organik adalah jenis sampah yang dapat dengan
mudah diurai oleh bakteri/organisme, contoh : sampah sisa makanan, kulit buah
dan lain-lain. Sedangkan sampah non organik adalah jenis sampah yang sulit
untuk diurai oleh bakteri/organisme, contoh pecahan piring, gelas, plastik dan
lain-lain.
10. Jam rolex atas nama Mr. Irwansyah, SE.
tersebut ditulis pada formulir lost and found tag sebagai berikut :
A. Tes Sumatif Teori (Ulangan Akhir Semester
II)
Tes sumatif teori (ulangan
akhir semester II) dilaksanakan menggunakan 30 soal pilihan ganda dengan 5
option dan 5 soal essay, alokasi waktu yang disediakan 60 menit. Hal ini
disesuaikan dengan ketentuan panitia ulangan akhir semester sekolah.
a. Soal pilihan ganda
1. Yang menjadi
tolok ukur dari kebersihan kamar atau pun kebersihan hotel pada pandangan tamu
adalah
......
a. Melihat
bagaimana kebersihan dan kelengkapan dari bathroom hotel tersebut.
b. Melihat
bagaimana kebersihan dan kelengkapan dari bedroom hotel tersebut.
c. Melihat
bagaimana kebersihan dari seorang
room attendant di hotel tersebut.
d. Melihat
bagaimana kebersihan dari seorang
receptionist di hotel tersebut.
e. Melihat
bagaimana kebersihan dan kelengkapan dari living/sitting room hotel tersebut.
2. Yang bukan termasuk alat sanitasi yang ada di kamar mandi hotel
adalah .......
a. Washbasin/wastafel
b. Towel
rack
c. Toilet Bowl
d. Bidet
e. Urinoir
3. Fasilitas yang dilengkapi di kamar mandi tamu hotel
antara lain sebagai berikut, kecuali
....
a. Shower
b. Mirror
c. Luggage
rack
d. Cubicle
e. Bath curtain
4. Penampung
untuk menampung dan
membawa peralatan dan bahan pembersih khususnya untuk kamar mandi adalah .......
a. Container bin
b. Rubbish box
c. Room attendant trolley cart
d. Carry caddy
e. Double bucket
5. Lap
khusus untuk mengeringkan
washbasin, water tap and shower, cubicle, bagian atas dan luar toilet bowl, pintu kamar mandi,
dinding kamar mandi adalah .......
a. Dust
cloth
b. Soft
cloth
c. Napkin
d. Floor
cloth
e. Chamois/chamoa/kanebo
6. Sunlight, Mama lemon, meltosa dan
lain-lain yang digunakan untuk
membersikan gelas, asbak, cubicle, wash basin, bagian atas dan luar toilet bowl, dinding kamar mandi, pintu kamar
mandi
adalah ........
a. Liquid
soap
b. Glass
cleaner
c. Toilet
cleaner
d. Abrasive
e. Floor
cleaner
7. Di bawah ini adalah bathroom amenities,
kecuali ........
a. Bath soap
b. Stationary
folder
c. Shampoo
d. Tooth kit
e. Shaving kit
8. Jenis-jenis towels adalah sebagai berikut,
kecuali ........
a. Bath towel
b. Hand towel
c. Blanket
d. Face towel
e. Bath mat
9. Perlengkapan kamar yang tergolong kedalam kelompok linen
adalah ………..
a. Bath soap
b. Blanket
c. Mineral water
d. Astray
e. Mattress
10. Dalam menyiapkan kamar tamu dibutuhkan adanya
cleaning supplies. Manakah yang termasuk kedalam cleaning supplies?
a. Bath soap
b. Shampoo
c. Conditioner
d. Floor cleaner
e. Bath foam
11. Nyalakan TV kemudian lakukan pengecekan apakah
berfungsi dengan baik atau tidak, serta cek chanel-chanel yang ada pada
televisi apakah siarannya sesuai dengan daftar TV Program yang telah ditetapkan
hotel. Hal ini adalah pekerjaan yang dilakukan pada saat ……
a. Entry
to the room
b. The
first checking
c. Making
up the bed
d. Completing
the room amenities
e. The
final checking
12. Sleep Out (SO), Don’t Disturb (DD), Double
Lock (DL), Extra Bed (EB) adalah bagian dari kamar yang berstatus …………
a. Check Out
b. Vacant
c. Occupied
d. Out of Order
e. Check In
13. Contoh perlengkapan mini bar adalah sebagai berikut
kecuali ..................
a. Sunkist
b. Sprite
c. Silver Queen
d. Tomato Ketchup
e. Krating deng
14. Rak bagian paling atas pada Roomboy/maid trolley cart digunakan
untuk menata ............
a. Bath towels
b. Bath mats
c. Hand towels
d. Pillow cases
e. Guest Supplies/amenities
15. Yang bukan termasuk komponen tempat tidur
adalah ………
a. Bed protector
b. Head
board
c. Mattress
d. Spring
box
e. Bed
wheel/leg
Seorang
room attendant akan menyiapkan 10 kamar tamu berstatus check out dengan
masing-masing kamar diisi oleh 2 orang tamu. Kamar-kamar check out tersebut
terdiri dari 3 kamar double dan sisanya adalah kamar twin. Bacaan tersebut
digunakan untuk menjawab soal nomor 16 sampai dengan 18.
16. Single sheet yang harus disiapkan oleh seorang
room attendant adalah …………
a. 9 helai d. 20 helai
b. 42 helai e. 30 helai
c. 10 helai
17. Bath mat yang harus disiapkan oleh seorang room
attendant adalah …………
a. 9 helai d. 20 helai
b. 42 helai e. 30 helai
c. 10 helai
18. Pillow case yang harus disiapkan oleh seorang
room attendant adalah …………
a. 9 helai d. 18 helai
b. 10 helai e. 20 helai
c. 14 helai
19. Formulir yang digunakan room boy/maid untuk
mencatat pergantian linen, guest supplies dan kelengkapan mini bar pada
masing-masing kamar saat menyiapkan kamar tamu adalah ……….
a. Lost and found
b. Room boy/maid control sheet
c. Lost and damage
d. Maintenance report
e. Housekeeping report
20. Bahan pembersih yang digunakan untuk
membersihkan jamban pada kamar mandi adalah ……
a. Floor cleaner
b. Liquid soap
c. Toilet cleaner
d. Glass cleaner
e. Detergen
21. Fasilitas kamar yang terdapat pada kamar tidur
tamu adalah sebagai berikut, kecuali ........
a. Wardrobe
b. Dressing
table
c. Bed side table
d. Refrigerator
e. Cubicle
22. Clock wise or unclock wise adalah metode yang
tepat untuk melaksanakan pekerjaan …………
a. Sweeping/mopping
b. Entry to the room
c. Recording
d. Storing
e. Completing
the room amenities
23. Fasilitas kamar yang digunakan tamu untuk
meletakan barang bawaannya adalah …………
a. Luggage rack
b. Wardrobe
c. Dressing table
d. Night table
e. Bed
24. Perlengkapan kamar yang ukurannya lebih kecil
disediakan untuk keperluan tamu selama berada di hotel disebut ……...…
a. Facilities
b. Amenities
c. Mini
bar
d. Linen
e. Accessibilities
25. Status kamar yang tepat untuk kamar hotel yang
ditempati oleh owner adalah …………
a. Occupied
b. Sleep Out
c. House Use
d. Don’t Disturb
e. Out of Order
26. Tamu
yang telah meninggalkan hotel secara diam-diam tanpa menyelesaikan seluruh
pembayarannya selama menginap di hotel disebut …………..
a. Sleep Out
b. Get Out
c. Check Out
d. Sleeper
e. Skiper
27. Pekerjaan akhir yang harus diperhatikan oleh
room boy/maid sebelum menutup pintu kamar dalam langkah-langkah menyiapkan
kamar tamu adalah ……………..
a. Dusting
b. Completing room amenities
c. Sweeping
d. Mopping
e. The final checking
28. Mengisi formulir roomboy/maid control sheet dan
lost and found dilakukan pada saat ……….. dalam langkah-langkah menyiapkan kamar
untuk tamu.
a. Reporting
b. Storing
c. Closing the door
d. Recording/According
e. Dusting
29. Hotel-hotel besar sekarang telah banyak
mengubah metode making up the bed 3 sheet seperti yang biasa dilakukan dengan
duvet, hal ini dilakukan untuk alasan efisiensi. Dalam metode making up the bed
dengan duvet tidak ditemukan adanya blanket, maka sebagai penggantinya adalah …
a. Bed
cover
b. Duvet
cover/case
c. Bed
protector
d. Bed
skirting
e. Duvet
inner
30. Mengeluarkan linen kotor yang ada di dalam
linen humper kemudian dihitung satu persatu lalu dikelompokan pada
masing-masing jenis linen. Pekerjaan ini dilakukan pada saat ………… dalam
langkah-langkah menyiapkan kamar untuk tamu.
a. Storing
b. Recording
c. Reporting
d. Making
up the bed
e. Closing
the door
b. Soal
Essay
1. Tuliskan
tiga hal yang harus diperhatikan terhadap sheet/sprai ketika sedang melakukan stripping
the bed!
2. Tuliskan
dua alasan mengapa blanket diletakkan di antara sheet ke 2 dan sheet ke 3 pada
saat melakukan making up the bed!
3. Apakah
yang dimaksud dengan guest room give aways dan guest room supplies?
4. Tuliskan
4 jenis kamar hotel menurut tingkat fasilitasnya!
5. Tuliskan
tujuan perlunya dilakukan the final checking dalam proses make up room
(merapikan kamar)!
c. Kunci
Jawaban Soal Pilihan Ganda
Nomor Soal
|
Jawaban
|
Nomor Soal
|
Jawaban
|
Nomor Soal
|
Jawaban
|
1
|
A
|
11
|
B
|
21
|
E
|
2
|
B
|
12
|
C
|
22
|
E
|
3
|
C
|
13
|
D
|
23
|
A
|
4
|
D
|
14
|
E
|
24
|
B
|
5
|
E
|
15
|
A
|
25
|
C
|
6
|
A
|
16
|
B
|
26
|
E
|
7
|
B
|
17
|
C
|
27
|
E
|
8
|
C
|
18
|
E
|
28
|
D
|
9
|
B
|
19
|
B
|
29
|
E
|
10
|
D
|
20
|
C
|
30
|
A
|
d. Kunci
Jawaban Soal Essay
1. Tiga
hal yang harus diperhatikan terhadap sheet/sprai ketika sedang melakukan stripping
the bed yakni :
a. Apakah ada barang tamu seperti giwang, kalung, gelang,
hand pone dan lain-lain yang tertinggal di tempat tidur.
b. Apakah ada sheet atau linen yang rusak atau sobek, bila
ada harus dipisahkan dari linen yang lain.
c. Apakah ada noda berat seperti darah, tinta, getah, saos
yang akan dipisahkan dengan linen yang lain.
2. Dua
alasan mengapa blanket diletakkan di antara sheet ke 2 dan sheet ke 3 pada saat
melakukan making up the bed yakni :
a. Agar
tamu yang mudah alergi dengan buluh-buluh blanket tidak menyentuh blanket
secara langsung.
b. Untuk
menjaga blanket agar tidak mudah terkena debu dan keringat tamu sehingga tidak
mudah kotor.
3. Yang
dimaksud dengan guest room give aways dan guest room supplies yakni :
a. Guest
room give aways adalah guest supplies/amenities yang boleh digunakan tamu baik di hotel maupun di luar hotel/dibawah pulang.
b. Guest
room supplies adalah guest supplies/amenities yang tidak boleh digunakan tamu di luar hotel/tidak boleh dibawah pulang.
4. Empat
jenis kamar hotel menurut tingkat fasilitasnya adalah sebagai berikut :
a. Standard Room
b. Superior Room
c. Deluxe Room
d. Suite Room
5. Tujuan
perlunya dilakukan the final checking dalam proses make up room (merapikan
kamar) adalah :
Untuk memastikan apakah masih ada pekerjaan sebelumnya
belum dilaksanakan secara maksimal atau mungkin peralatan dan bahan pembersih
masih tertinggal di dalam kamar tamu tersebut.
Berikan komentar bila anda mempunyai pertanyaan dan saran!
BalasHapus