Tujuan
Kegiatan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa diharapkan mampu
:
1. Bersikap sesuai dengan aturan dan prosedur yang telah
ditentukan.
2. Mengisi seluruh formulir dan catatan tertentu sesuai
prosedur yang telah ditentukan.
3. Membersihkan dan menyimpan Trolley beserta peralatan maupun
perlengkapan lainnya sesuai standar yang telah ditentukan.
4. Melaporkan seluruh formulir, catatan tertentu, dan
kejadian-kejadian yang dialami saat menyiapkan kamar tamu kepada atasan sesuai
prosedur yang telah ditentukan.
A.
Recording
Setelah anda selesai melakukan closing the door, jangan
lupa mengingat kembali kejadian dan pekerjaan yang telah anda alami di dalam
kamar tamu, karena anda harus memberikan laporan masing-masing kamar kepada
atasan (supervisor) atau bagian lainnya seperti front office, engineering/maintenance atau
security.
Laporan tersebut dapat anda berikan
berupa formulir-formulir maupun catatan-catatan tertentu. Hal-hal yang harus
anda lakukan saat recording adalah :
1. Mengisi
kembali formulir room boy/maid control sheet setiap kamar sesuai dengan kamar
yang telah dibersihkan
dengan tujuan untuk menginventarisir penggunaan linen, guest supplies maupun
soft drink dan snack pada
mini bar.
2. Mengisi
formulir lost and
found sesuai dengan barang tamu yang ditemukan di dalam kamar ketika kamar
tersebut dalam status check out. Bila barang tamu ditemukan sebelum tamu
meninggalkan hotel tetapi tamu akan segera check out maka segera dilaporkan
kepada receptionist untuk ditindaklanjuti kepada tamu yang bersangkutan. Barang
temuan berharga yang benar-benar tertinggal oleh tamu, maka bersama dengan
formulir lost & found yang sudah ditulis dengan identitas barang tersebut
dimasukan kedalam bungkusan plastik dengan rapi, dilaporkan kepada
atasan/supervisor dan disimpan pada tempat penyimpanan barang lost & found.
Jika barang temuan tersebut tidak diambil oleh si pemilik biasanya kebijakan
perusahaan selama 6 bulan diberikan kepada si penemu (tergantung kebijakan manajemen).
3. Mencatat
adanya kerusakan-kerusakan fasilitas di dalam kamar tamu, atau mungkin adanya
kehilangan perlengkapan kamar, seperti : AC rusak, TV rusak, shower/keran air
rusak, toilet bowl buntu, bath towel hilang, Pillow hilang dan sebagainya.
Kerusakan-kerusakan tersebut segera dilaporkan kepada atasan untuk
ditindaklanjuti kepada Bagian Maintenance/Engineering. Formulir yang digunakan
untuk mencatat kerusakan dan kehilangan fasilitas kamar adalah lost &
damage. Sedangkan formulir yang digunakan untuk laporan permintaan perbaikan
fasilitas kamar yang rusak kepada Bagian Engineering adalah maintenance
report/work order.
4. Mencatat
adanya barang-barang yang mencurigakan yang ditemukan di dalam kamar tamu
seperti senjata api, senjata tajam, narkoba, dan sebagainya. Adanya barang-barang yang
mencurigakan segera
dilaporkan kepada atasan untuk ditindaklanjuti kepada bagian keamanan/security.
B. Storing
Setelah anda selesai beraktivitas
membersihkan seluruh kamar sesuai dengan section masing-masing, maka langkah
selanjutnya adalah melakukan penggudangan terhadap seluruh peralatan maupun
perlengkapan-perlengkapan yang telah anda bawa, maupun sampah dan barang kotor
yang diambil dari kamar-kamar. Adapun sesuatu yang harus anda lakukan saat
penggudangan adalah sebagai berikut :
1. Dorong
trolley menuju ke pantry/gudang atau room attendant station, bila masih ada
peralatan yang tertinggal seperti vacuum cleaner atau perlengkapan lainnya di
corridor segera dibawa ke pantry/gudang.
2. Ketika
berada di gudang/pantry keluarkan seluruh guest supplies, soft drink, maupun
linen bersih yang masih tersisa pada room attendant trolley cart lalu ditata
rapi kembali pada tempatnya yang terletak di lemari atau rak yang tersedia.
3. Bersihkan
seluruh peralatan pembersih maupun bahan pembersih/chemical lalu tempatkan pada
tempatnya dalam keadaan tertata rapi. Misalnya vacuum cleaner, dust bagnya dibersihkan
dengan menggunakan sikat gigi yang lembut dan kabel digulung pada container,
mop dicuci dan ditempatkan
dengan kondisi terbalik, dust cloth dikumpulkan untuk dibawa ke laundry, broom
dibersihkan bulu-bulunya lalu digantung atau letakan pada posisi bulu terbalik, bahan
pembersih diperiksa keadaannya jangan sampai bocor/tumpah dan kemasannya
dibersihkan lalu disimpan pada tempatnya, dan sebagainya.
4. Keluarkan
linen kotor yang berada dalam linen humper, lalu dihitung satu persatu dan
dikelompokan pada masing-masing jenis linen, selanjutnya dikemas untuk dikirim
ke laundry. Misalnya double sheet jumlahnya 18 lbr, single sheet 15 lbr, bath
towel 20 lbr, hand towel 20 lbr, face towel 20 lbr, bath mat 10 lbr, pillow
cases 20 lbr, dan lain-lain.
5. Buka
garbage humper yang ada pada trolley, lalu keluarkan sampahnya dan tampung pada
penampung sampah, bila tersedia kelompok penampung sampah organik dan non
organik maka sampah organik kumpulkan pada penampung sampah organik, sedangkan
sampah non organik pada penampung sampah non organik. Sampah organik adalah
jenis sampah yang dapat dengan mudah diurai oleh bakteri/organisme, contoh :
sampah sisa makanan, kulit buah dan lain-lain. Sedangkan sampah non organik adalah jenis sampah
yang sulit untuk diurai oleh bakteri/organisme, contoh pecahan piring, gelas,
plastik dan lain-lain.
6. Bersihkan
seluruh permukaan trolley dari atas ke bawah, dari dalam ke luar, dari kiri ke
kanan menggunakan dust cloth dengan metode/teknik dusting atau damp dusting.
7. Bersihkan
linen humper maupun garbage humper sebagaimana mestinya lalu tempatkan kembali
pada trolley. Bila perlu roda trolley diberikan minyak pelumas secara berkala
agar rodanya dapat berjalan dengan lancar.
8. Tempatkan
trolley pada tempat yang telah ditentukan di gudang/pantry dengan rapi.
C. Reporting
Setelah proses storing/ penggudangan
telah anda lakukan dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah mengecek
kembali formulir-formulir yang telah anda isi apakah sudah benar, mengumpulkan
barang-barang lost & found, catatan kerusakan fasilitas kamar maupun
laporan adanya barang-barang yang mencurigakan sesuai dengan nomor kamarnya
masing-masing, kemudian disampaikan secara langsung kepada atasan/supervisor/penyelia.
Disamping itu pula jangan lupa menyimpan
atau menyerahkan kunci kamar pass key yang anda
bawa kepada atasan.
Beberapa contoh kegiatan storing, recording dan
reporting dapat dilihat pada gambar di bawah ini :
Rangkuman
Setelah
selesai melaksanakan
closing the door, jangan lupa mengingat kembali kejadian dan pekerjaan yang
telah anda alami di dalam kamar tamu, karena anda harus memberikan laporan
masing-masing kamar kepada atasan (supervisor) atau bagian lainnya seperti
front office, engineering/maintenance
atau security. Laporan
tersebut
dapat diberikan
berupa formulir-formulir maupun catatan-catatan tertentu.
Setelah
selesai beraktivitas membersihkan seluruh kamar sesuai dengan section
masing-masing, maka langkah selanjutnya adalah melakukan penggudangan terhadap
seluruh peralatan maupun perlengkapan-perlengkapan yang telah anda bawa, maupun
sampah dan barang kotor yang diambil dari kamar-kamar.
Setelah proses storing/penggudangan telah anda lakukan dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah
mengecek kembali formulir-formulir yang telah anda isi apakah sudah benar,
mengumpulkan barang-barang lost & found, catatan kerusakan fasilitas kamar atau kehilangan barang milik hotel maupun laporan adanya barang-barang yang mencurigakan sesuai dengan nomor
kamarnya masing-masing, kemudian disampaikan secara langsung kepada
atasan/supervisor/penyelia kamar tamu. Disamping itu pula jangan lupa menyimpan atau menyerahkan kunci
kamar pass key yang anda bawa kepada atasan.
Selama
melaksanakan tugas seorang room attendant harus memperhatikan standar
operasional prosedur dengan benar, dan disamping itu keamanan, keselamatan dan
kesehatan kerja juga harus diperhatikan.
Tugas
Laksanakanlah penggudangan
peralatan dan bahan pembersih beserta perlengkapan lainnya setelah anda selesai
melaksanakan praktik! Kemudian tata dan tempatkan dengan rapi semua
perlengkapan yang ada digudang sekolah dengan baik!
Tes Formatif
Pertanyaan Tertulis/Lisan
1. Apakah
nama formulir yang digunakan untuk melaporkan permintaan perbaikan fasilitas
kamar yang rusak? Kemudian kepada siapa formulir itu disampaikan? (skor 1).
2. Apakah
perbedaan sampah organik dan non organik serta sebutkan contohnya masing-masing? (skor 1).
3. Anggap
saja anda menemukan satu buah arloji merk Rolex di kamar yang telah anda
bersihkan yakni kamar 106 pada hari ini pukul 10.00 am. Tulislah barang tersebut pada formulir
lost & found tag atas nama tamu yang diketahui sebelumnya adalah Mr.Irwansyah, SE.! (skor 2).
4. Anda
menemukan adanya kerusakan pada kamar yang sedang anda bersihkan yakni kamar
108 pada hari ini. Kerusakannya yaitu shower kamar mandi dan telepon tidak
berfungsi dengan baik. Kejadian itu harus anda tulis pada buku/kertas catatan
untuk dilaporkan kepada atasan. Setelah anda laporkan lalu atasan anda meminta
anda untuk mencatat pada formulir Maintenance Report/Work order untuk
disampaikan kepada Bagian Engineering dan kantor depan. Tulislah kerusakan
tersebut pada maintenance repor/work order dengan benar! (skor 2).
5. Anda
membersihkan kamar 204 (twin bed) dengan status check out dan jumlah person 2
orang. Stok linen pada trolley yang anda persiapkan sebelumnya double sheet 12, single sheet 18, pillow cases 12, bath towel 12, hand towel 12, face towel 12,
bath mat 6. Guest supplies yang anda stok pada trolley sebelumnya bath soap 12,
shampoo 6, tooth kit 12, saving kit 6, sewing kit 6, comb 6, cotton bud 6,
facial tissue I ball, hanger 18, ashtray 2, drinking glass 2, rabish bag 2
pack, laundry bag 12, shoe shine 6, AC freshener 6, stationary folder 6,
laundry list 6, oilet paper 6, Mineral water (aqua) 12. Sedangkan soft drink
yang telah anda persiapkan sebelumnya
adalah sunkist 6, sprite 6, fanta 6, coca cola 6, krating daeng 6, the
kotak 6, kacang kulit 6, silver queen 6, aqua 6. Setelah anda membersihkan
kamar tersebut anda telah melengkapinya dengan rincian sebagai berikut :
seluruh sheet, pillow case, bath towel, hand towel, face towel dan bath mat
diganti seluruhnya. Sedangkan guest supplies harus dilengkapi seluruhnya karena
kondisinya habis dipakai oleh tamu, kecuali hanger kekurang 3, drinking glass
1. Untuk mini bar yang masih tersedia di dalam kamar sunkist 1, sprite 2, coca
cola 1, krating deng 1, teh kotak 2, silver queen 1. Standar setiap
kamar adalah making up the bed 3 sheet, bath mat 1, toilet paper 1, hanger 6,
facial tissue secukupnya, bottle opener 1, remote masing-masing 1. Sedangkan
yang lainnya standar yang ditentukan adalah 2 buah.
Tulislah
Roomboy/maid control sheet dengan benar sesuai standar yang telah diberikan! (skor 4).
Berikan pertanyaan bila ada sesuatu yang membuat anda kurang mengerti!
BalasHapusMas tolong tambahin soal pilihan ganda tentang lost and found perhotelan sebanyak 50 soal untuk reverensi dan untuk smesteran siswa.. Klo bisa sekalian kunci jawabanya.. Hahah
BalasHapusMenangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com
BalasHapusKelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
-Situs Aman dan Terpercaya.
- Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
- Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
- Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
- Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
-Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
- 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI
8 Permainan Dalam 1 ID :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66
Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com