PETUNJUK PENGGUNAAN BLOG

Blog ini dibuat untuk membantu siswa dalam memperoleh materi pembelajaran Standar Kompetensi Menyiapkan Kamar Untuk Tamu (MKUT). Tampilan blog hanya menayangkan satu materi pembelajaran yang diposting. Untuk melihat materi lainnya maka klik masing-masing judul posting yang terdapat pada ARSIP POSTING. Sedangkan untuk melihat judul-judul posting yang tersembunyi maka klik pada tanda panah yang berada disebelah kiri tahun dan nama bulan. Selamat belajar dan semoga kesuksesan itu selalu menyertai kita semua, amin!

Rabu, 10 Juli 2013

PENGETAHUAN DASAR MENYIAPKAN KAMAR UNTUK TAMU

         Sebelum mempelajari lebih jauh mengenai Step By Step Prepare Room For The Guest, maka perlu anda ketahui bahwa Prepare Room For The Guest adalah salah satu kompetensi yang masuk ke dalam Departemen Housekeeping atau Bagian Tata Graha. Sedangkan Departemen Housekeeping adalah salah satu bagian  hotel yang bertugas memelihara, membersihkan, merapikan, serta menata kamar tamu, area umum beserta outlet-outlet lainnya.

Flow Chart  Step By Step  Prepare Room For The Guest

Keterangan :
1. Menyiapkan diri, Kereta Pramugraha, alat pembersih, bahan pembersih & Perlengkapan lainnya.
2. Memasuki kamar tamu.
3. Pengecekan awal.
4. Menata tempat tidur.
5. Membersihkan kamar mandi.
6. Membersihkan furniture & fasilitas lainnya.
7. Melengkapi keperluan tamu.
8. Menyapu lantai/ Menyedot debu.
9. Mengepel lantai.
10. Pengecekan akhir.
11. Menutup pintu.
12. Mencatat sesuatu dalam formulir atau pada kertas catatan yang berhubungan dengan kelengkapan amenities kamar tamu, kerusakan fasilitas kamar, barang-barang  temuan & sesuatu yang mencurigakan di dalam kamar tamu maupun status kamar tamu.
13. Menggudangkan kereta pramugraha, seluruh peralatan, bahan pembersih, dan perlengkapan lainnya yang telah selesai digunakan.
14. Melaporkan atau memberikan laporan baik lisan maupun tulisan yang berupa format-format yang telah ditentukan atau catatan-catatan tertentu terhadap kelengkapan kerusakan-kerusakan fasilitas kamar, barang tamu yang tertinggal atau kejadian-kejadian lain yang kita alami selama proses menyiapkan kamar tamu kepada atasan/Penyelia/Supervisor.

2 komentar:

  1. Jika anda punya pertanyaan, silahkan tulis pada pos komentar di bawah ini!

    BalasHapus
  2. Pelajaran sangat mudah dimengerti

    BalasHapus