A. Rencana
Belajar Siswa
Rencana belajar siswa akan dilaksanakan minimal selama
dua semester agar siswa dapat mencapai ketuntasan belajar minimal sebagai penguasaan
dasar kompetensi menyiapkan kamar untuk tamu. Rencana belajar tersebut dapat dilihat
pada tabel berikut ini.
TAHAP 1
|
||
Alokasi waktu
|
Kompetensi Dasar
|
Materi pokok
|
Kurun
waktu selama satu semester
|
a. Menata perlengkapan dan trolley
b. Akses ke kamar untuk pelayanan
c. Membereskan tempat tidur
|
1.
Mempersiapkan diri, Kereta Pramugraha, alat pembersih, bahan pembersih
dan Perlengkapan lainnya.
2.
Memasuki kamar tamu.
3.
Pengecekan awal.
4.
Menata tempat tidur.
|
TAHAP
2
|
||
Alokasi waktu
|
Kompetensi Dasar
|
Materi pokok
|
Kurun
waktu selama satu semester
|
a. Membersihkan dan merapihkan kamar
b. Membersihkan dan menyimpan trolley dan perlengkapan
|
1.
Membersihkan kamar mandi.
2.
Membersihkan furniture dan fasilitas lainnya.
3.
Melengkapi keperluan tamu
4.
Menyapu lantai / Menyedot debu.
5.
Mengepel lantai.
6.
Pengecekan akhir.
7.
Menutup pintu.
8.
Merekam atau mencatat hal-hal penting
9.
Penggudangan
10.Melaporkan hal-hal penting
|
B. Mekanisme Pembelajaran
Mekanisme pembelajaran pada mata pelajaran (Standar
Kompetensi) Menyiapkan Kamar Untuk Tamu (MKUT) ini adalah sebagai berikut :
1. Sebelum mengikuti pembelajaran, siswa
terlebih dahulu wajib menuntaskan mata pelajaran Membersihkan Lokasi/Area dan Peralatan (MLAP) sebagai
landasan awal.
2. Rencana program pembelajaran dilaksanakan
minimal selama dua semester. Jika pembelajaran dimulai pada semester III maka
minimal berakhir pada semester IV.
3. Setiap kegiatan pembelajaran dalam satu semester,
siswa wajib mengikuti pembelajaran minimal 90%.
4. Komposisi pembelajaran terdiri dari 30% teori
dan 70% praktik.
5. Kriteria ketuntas minimal adalah 75.
6. Penilaian diberikan dengan komposisi sebagai
berikut :
a. Praktik 35%
b. Tugas 15%
c. Ulangan tengah semester 15%
d. Ulangan Semester 20%
e. Kehadiran 15%
7. Siswa yang belum tuntas dalam pembelajaran
dapat mengikuti remedial sebanyak dua kali.
C. Cek Kemampuan
No.
|
Pertanyaan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Sudah tahukah anda mengenai penampilan diri
secara fisik maupun mental sebagai seorang room attendant?
|
||
2.
|
Sudah tahukah anda bersikap sebagai seorang room
attendant sesuai dengan aturan dan
prosedur yang benar?
|
||
3.
|
Sudah tahukah anda mengidentifikasikan seluruh perlengkapan yang dibutuhkan untuk menyiapkan kamar tamu dengan benar?
|
||
4.
|
Sudah tahukah anda menyiapkan dan menata seluruh perlengkapan pada trolley cart dengan
standar yang benar?
|
||
5.
|
Sudah tahukah anda cara mendorong room attendant trolley menuju kamar tamu dengan benar dan aman
serta ditempatkan pada posisi yang benar?
|
||
6.
|
Sudah tahukah anda tata cara memasuki kamar
tamu hotel dengan standar operasional prosedur yang benar?
|
||
7.
|
Sudah tahukah anda melakukan pengecekan awal saat memasuki kamar tamu dengan
benar?
|
||
8.
|
Sudah tahukah anda tata cara merapikan/menata tempat
tidur sesuai standar yang telah ditentukan dengan benar?
|
||
9.
|
Sudah tahukah anda membersihkan kamar mandi
sesuai dengan standar yang telah ditentukan dengan benar?
|
||
10.
|
Sudah tahukah anda membersihkan furniture dan
fasilitas kamar sesuai standar yang telah ditentukan dengan benar?
|
||
11.
|
Sudah tahukah anda melengkapi keperluan tamu
sesuai standar yang telah ditentukan dengan benar?
|
||
12.
|
Sudah tahukah anda menyapu atau menyedot debu
di lantai dengan benar?
|
||
13.
|
Sudah tahukah anda mengepel lantai dengan benar?
|
||
14.
|
Sudah tahukah anda melaksanakan pengecekan
akhir dengan benar?
|
||
15.
|
Sudah tahukah anda mencatat hal-hal penting
yang berhubungan dengan kelengkapan
kamar, kehilangan dan kerusakan fasilitas kamar, status kamar, barang-barang temuan, dan sesuatu yang mencurigakan di dalam kamar?
|
||
16.
|
Sudah tahukah anda menggudangkan kereta pramugraha, seluruh peralatan dan bahan pembersih, serta perlengkapan lainnya yang
telah selesai digunakan?
|
||
17.
|
Sudah tahukah anda memberikan laporan sesuatu
yang penting kepada atasan (supervisor)?
|
Keterangan :
Jika daftar cek kemampuan anda
jawabannya Ya semua, maka anda dapat melanjutkan pada mata pelajaran kejuruan berikutnya.
Jika daftar cek kemampuan anda salah satu jawabannya Tidak, maka
konsultasikan dengan guru/pembimbing anda untuk mendapatkan materi Menyiapkan
Kamar Untuk Tamu sebagaimana mestinya.
D.
DAFTAR
BACAAN
Agusnawar, 2002. Operasional Tata Graha Hotel (Hotel
Housekeeping Operation). Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Ajun dan Sutanto, 2004. Menyiapkan Kamar Untuk Tamu (Prepare room for
Guest). Jakarta: Pusat Pengembangan Penataran Guru Kejuruan Bidang Bisnis dan
Pariwisata, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan
Nasional.
Bagiono,
2008.
Menyiapkan Kamar untuk Tamu untuk
SMK dan MAK. Jakarta : Erlangga.
Darsono, Agustinus, 1995. Tata Graha Hotel
(Housekeeping). Jakarta : PT. Gramedia Widyasarana Indonesia.
Perwani, Sri, Yayuk, 1992. Teori dan Petunjuk
Praktek Housekeeping Untuk Akademi Perhotelan Make Up Room. Jakarta : PT.
Gramedia.
Rumekso,
2001.
Housekeeping Hotel. Public Area/Houseman Section. Yogyakarta : CV. Andi.
Sofjan, Dadang dan Noor, Muhamdiat, Sjirad, 1993. Housekeeping II :
Administrasi dan Prosedur. Semarang : Akademi Kepariwisataan Indonesia.
Suwithi,
Wayan, Ni, dan Boham, Jr, Erwin, Cecil, 2008. Akomodasi Perhotelan. Jilid 2 SMK. Jakarta : Direktorat PSM Kejuruan,
Direktorat Jenderal Mendikdasmen, Depdiknas.
Suwithi,
Wayan, Ni, 2013. Pengelolaan
Pembelajaran Pada Diklat Pengembangan bagi Guru Akomodasi Perhotelan. Jakarta : Pusat
Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Bisnis dan Pariwisata,
Pendidikan Kebudayaan Dan Penjamin Mutu Pendidikan, Kementerian Pendidikan Dan
Kebudayaan.
Berikan komentar jika ada yang ingin anda tanyakan atau ada keinginan untuk memberikan saran!
BalasHapusJika anda tertarik dengan aplikasi atau layanan absensi online, anda dapat mengunjungi blog yang saya buat :)
BalasHapusAplikasi Absensi Online