Setelah
prosedur entry to the room dilaksanakan dengan benar, maka langkah selanjutnya
melaksanakan the first checking. The First Checking adalah melakukan pengecekan
awal ketika pertama kali memasuki kamar tamu dengan cara berputar
searah dengan jarum jam (clock wise), atau sebaliknya berputar berlawanan
dengan arah jarum jam (unclock wise/counter clock wise) .
The
First Checking dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut :
1. Masukan
Socket lampu jika kamar tamu
menggunakan socket untuk mengalirkan aliran listrik ke seluruh alat-alat
electrik.
(Hal ini dilakukan saat tamu tidak berada di dalam kamar).
2. Nyalakan
semua lampu satu per satu sambil mengecek apakah ada lampu yang tidak
berfungsi.
3. Periksa
wardrobe, dressing table, furniture lainnya beserta dengan laci-lacinya mungkin
ada barang-barang tamu yang tertinggal atau ada fasilitas hotel yang
hilang/rusak. (Hal ini dilakukan saat kamar berstatus check out)
4. Nyalakan
AC dengan remote AC lalu cek apakah suhunya normal sesuai dengan standard hotel
(dingin atau tidak dingin). Biasanya hotel telah menetapkan standar suhu yang
diinginkan, biasanya 160C atau 18ÂșC.
5. Nyalakan
TV, dan lakukan pengecekan apakah berfungsi dengan baik atau tidak, serta cek
chanel-chanel yang ada pada televisi apakah sesuai dengan program siaran yang
telah ditetapkan hotel yang terdapat pada daftar TV Program.
6. Buka
refrigerator (kulkas) dan snack basket untuk mengecek soft drink dan snack yang
ada pada mini bar lengkap atau tidak.
7. Buka
tirai kamar lebar-lebar lalu matikan semua lampu jika dilaksanakan di pagi dan
siang hari.
8. Ambil
drinking glass dan ashtray yang telah digunakan oleh tamu, buang abu rokok dan
kotoran yang ada pada ashtray ke dalam
rubbish bag pada waste basket. Jika ada puntung rokok yang masih menyala matikan
terlebih dahulu sebelum dibuang. Bawa drinking glass dan ashtray yang kotor tersebut kedalam kamar mandi dan
rendam menggunakan air hangat di dalam washbasin. Ketika berada di kamar mandi
jangan lupa pula mengecek air hangat atau dingin berfungsi dengan baik atau
tidak, serta apakah ada fasilitas kamar mandi
lain yang rusak.
9. Ambil
seluruh peralatan room service jika ada di dalam kamar lalu buang sisa-sisa
makanan yang ada pada peralatan tersebut masukan ke dalam rubbish bag/plastik sampah
pada rubbish box/waste basket. Selanjutnya keluarkan dari dalam kamar, letakan di samping
dinding corridor bila belum di bawa ke pantry. Hubungi Bagian Room service
untuk mengclear-up peralatan tersebut melalui telepon yang ada di pantry/room attendant station, karena
ada hotel yang melarang Room Attendant untuk menggunakan telepon kamar. Hal ini
dilaksanakan jika anda telah selesai membersihkan kamar tamu tersebut.
10. Kumpulkan
seluruh sampah-sampah yang berserakan di dalam kamar jika ada, masukkan ke
dalam rubbish bag yang ada pada waste basket, lalu keluarkan sampah bersama
dengan rubbish bag dari waste basket, kemudian masukkan kedalam garbage humper
yang ada pada Room Attendant Trolley.
11. Catat
seluruh kejadian yang anda temukan misalnya adanya kerusakan fasilitas kamar,
barang tamu yang tertinggal pada buku/kertas catatan yang telah anda persiapkan
sebelumnya untuk dilaporkan dan ditindak lanjuti kepada atasan/supervisor.
LAY OUT KAMAR HOTEL
Untuk melaksanakan the
first checking maka perlu diketahui adanya lay out kamar
hotel. Hal ini penting untuk diketahui karena memudah room attendant dalam melakukan pengecekan. Di bawah ini adalah contoh dari
lay out kamar yang umum ada di hotel.
Beberapa contoh kegiatan entry to the room dan the first checking dapat dilihat pada gambar di bawah ini:
Rangkuman
Setelah trolley didorong
menuju pintu kamar secara aman dengan memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja maka laksanakan entry to the room
dengan memperhatikan prosedur yang benar. Lakukan mengetuk atau menekan bel
pintu kamar sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan. Kemudian langkah
selanjutnya adalah melakukan the first checking pada fasilitas kamar tamu
dengan metode clock wise atau unclock wise secara benar. The first checking
juga harus dilakukan dengan teliti agar segala sesuatunya yang berkaitan dengan
kerusakan, kehilangan fasilitas kamar dan penemuan barang tamu tidak ada yang
tertinggal.
Jika anda punya pertanyaan, silahkan tulis pada pos komentar di bawah ini!
BalasHapus