PETUNJUK PENGGUNAAN BLOG

Blog ini dibuat untuk membantu siswa dalam memperoleh materi pembelajaran Standar Kompetensi Menyiapkan Kamar Untuk Tamu (MKUT). Tampilan blog hanya menayangkan satu materi pembelajaran yang diposting. Untuk melihat materi lainnya maka klik masing-masing judul posting yang terdapat pada ARSIP POSTING. Sedangkan untuk melihat judul-judul posting yang tersembunyi maka klik pada tanda panah yang berada disebelah kiri tahun dan nama bulan. Selamat belajar dan semoga kesuksesan itu selalu menyertai kita semua, amin!

Selasa, 20 Agustus 2013

ENTRY TO THE ROOM

Setelah Room Attendant Trolley Cart selesai di tata (set-up) dan diperiksa kondisinya, maka didorong menuju pintu kamar secara aman dengan memperhatikan keselamatan untuk akses pelayanan di kamar tamu. Penempatan Trolley sebelumnya berada di samping pintu kamar  dekat dinding sebelum melakukan proses entry to the room. Setelah proses entry to the room dilaksanakan dan pintu kamar  sudah dalam keadaan terbuka dan dipastikan kamar akan segera dibersihkan, maka Room Attendant Trolley ditempatkan tepat didepan pintu kamar  tamu dalam keadaan menghadap ke kamar. Bagian kiri dan kanan trolley  diberi celah, Handle trolley  dikunci agar roda (wheel) tidak dapat bergerak dan trolley menjadi aman. Hal ini bertujuan untuk :
·      Memudahkan Room attendant melakukan akses pelayanan di kamar  tamu.
·      Mencegah agar orang yang tidak berkepentingan dengan mudah memasuki kamar  tamu.
·      Meyakinkan tamu/orang lain bahwa kamar tersebut sedang dibersihkan oleh Room Attendant.
Standard penempatan trolley cart pada masing-masing hotel mungkin berbeda-beda tergantung dari situasi dan kondisi masing-masing hotel tersebut. Hal ini bukanlah sesuatu yang pasti, pada prinsipnya ikuti saja standard hotel di mana anda bekerja.

Entry to the room dilaksanakan dengan standar sebagai berikut :
1.  Ketuk pintu kamar 3 x  dengan menggunakan punggung jari tangan sambil menyebut identitas diri. Jika pintu kamar menggunakan bel maka tekan bel satu kali juga sambil menyebut identitas diri. Contoh : Tok – tok – tok, Room maid Please!/Room boy Please!
2.  Bila tidak ada jawaban ketuk/tekan bel untuk yang kedua kalinya sama seperti diatas. Jarak setiap ketukan kira-kira 3 detik.
3.  Bila tidak ada jawaban untuk yang ketiga kalinya, ketuk/tekan bel satu kali lagi seperti diatas dan jangan lupa tetap menyebutkan identitas diri.
4.  Bila tidak ada jawaban maka masukan kunci kamar lalu buka secara perlahan-lahan, sambil mengucapkan Excuse me! (permisi!).
5.  Bila melihat tamu sedang tidur maka tutup pintu secara perlahan-lahan.
6.  Bila tidak ada tamu maka buka pintu kamar selebar-lebarnya untuk akses pelayanan.
7.  Bila anda menemukan tamu sedang berada dalam kamar, maka ucapkan Greeting (Good morning, Good Afternoon, Good evening sesuaikan dengan waktu) serta tanyakan kepada tamu apakah kamarnya segera untuk dibersihkan. Contoh : Good morning madam/sir, I will clean the guest room, May I clean your room please? atau do you want your room to be cleaned at the moment?
8.  Bila tamu belum menghendaki kamarnya untuk segera dibersihkan, maka katakan kepada tamu bila nanti ia menghendaki kamarnya untuk dibersihkan, silakan menghubungi Housekeeping Office dengan nomor telepon yang ada pada HK. Office. Contoh : Alright Madam/Sir, If you need Room Attendant for cleaning your room later, please contact HK Office at Extension 303, Thank you sir/madam

Catatan :
          Entry to the room tidak boleh dilaksanakan untuk kamar tamu yang memasang tanda Don’t Disturb (DND). Atau yang dikunci dua kali/Double Locked (DL). Hal ini menandakan bahwa tamu tidak menginginkan kamarnya untuk dimasuki oleh siapapun karena sesuatu hal. Jika tamu menghendaki kamarnya untuk dibersihkan maka ia akan menelpon Front Office atau Housekeeping Office. Tetapi bila dalam waktu yang telah ditentukan tamu tidak juga menghubungi FO atau HK, maka Bagian Housekeeping melalui Supervisor atau HK order taker yang akan menghubungi tamu melalui nomor telepon yang ada di kamar tamu tersebut.

CONTOH :